HIDROLISIS GARAM
Standar
Kompetensi:
Memahami sifat – sifat larutan asam basa, metode pengukuran dan terapannya.
Kompetensi
Dasar :
Menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air
dan pH larutan garam tersebut.
Tujuan :
Untuk mengetahui sifat larutan garam yang terhidrolisis.
Teori
:
Hidrolisis adalah peristiwa penguraian garam oleh air
membentuk basa dan asamnya kembali. Larutan garam
ada yang bersifat asam, basa atau netral, tergantung dari asam – basa
penyusunnya.
- Garam yang terbentuk dari asam lemah dan basa kuat mengalami hidrolisis sebagian (hidrolisis sebagian)
- Garam yang terbentuk dari asam kuat dan basa lemah juga mengalami hidrolisis sebagian
- Garam yang terbentuk dari asam lemah dan basa lemah mengalami hidrolisis total.
Garam yang terbentuk dari basa kuat dan asam kuat dalam larutan
tidak mengalami hidrolisis sehingga konsentrasi ion H+ dan OH- dalam
larutan adalah sama dan larutan garam ini bersifat netral (pH = 7).
Untuk mengetahui sifat larutan garam, dapat dilakukan
melalui kegiatan berikut :
Alat
dan Bahan :
1. Lempeng Tetes
2. Pipet Tetes
3. Kertas Lakmus merah dan Biru
4. Larutan KCl 1 M
5. Larutan NaCH3COO 1 M
6. Larutan NH4Cl 1 M
7. Larutan Na2CO3 1 M
8. Larutan Al2(SO4)3 1 M
Cara
Kerja :
1. Siapkan masing – masing larutan
2. Setiap larutan diteteskan dalam lempeng tetes
sekitar 10 tetes
3. Periksa larutan dengan mencelupkan kertas saring
merah dan biru
4. Amati perubahan warna yang terjadi pada kertas
lakmus
Hasil Pengamatan :
NO
|
LARUTAN
|
PERUBAHAN WARNA
|
SIFAT
|
|
LAKMUS MERAH
|
LAKMUS BIRU
|
|||
1
|
KCL
|
Tetap
|
Tetap
|
Netral
|
2
|
NaCH₃COO
|
Tetap
|
Merah
|
Basa
|
3
|
NH₄Cl
|
Tetap
|
Merah
|
Asam
|
4
|
Na₂CO₃
|
Biru
|
Tetap
|
Basa
|
5
|
Al₂(SO₄)₃
|
Biru
|
Tetap
|
Asam
|
Pertanyaan
:
1. Garam
manakah yang mengalami hidrolisis sebagian dan garam yang tidak terhidrolisis?
Jawab:
- Hidrolisis Garam : Ialah reaksi garam oleh air.
- Hidrolisis Sebagian : NaCH₃COO, NH₄Cl, Na₂CO₃
- Tidak Terhidrolisis : KCl
2.
Tuliskan reaksi garam yang mengalami hidrolisis !
Jawab:
a). NaCH₃COO —> Na⁺ + CH₃COO⁻
CH₃COO⁻ + H₂O —> CH₃COOH + OH⁻
b.) Na₄Cl —> NH₄⁺ + Cl⁻
NH₄⁺ + H₂O —> NH₄OH + H⁺
c.) Na₂CO₃ —> 2Na⁺ + CO₃²⁻
CO₃²⁻ + H₂O —> H₂CO₃ + OH⁻
d.) Al₂(SO₄)₃ —> 2Alᵌ⁺ + SO₄²⁻
2Alᵌ⁺ + H₂O —> Al(OH)₃ + H⁺
3. Kesimpulan;
·
Asam dapat memerahkan lakmus biru
·
Basa dapat membirukan lakmus merah
·
Garam yang terbentuk dari basa kuat dan asam kuat dalam larutan
tidak mengalami hidrolisis sehingga konsentrasi ion H⁺ dan OH⁻ dalam larutan adalah sama
dan larutan garam ini bersifat netral (Ph= 7)
MENGAMATI
SIFAT GARAM SUKAR LARUT
Kompetensi
Dasar :
Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan
prinsip kelarutan dan hasil kali kelarutan
I.
Tujuan :
Membuat garam yang sukar larut dalam air
II.
Alat dan Bahan :
- Rak tabung reaksi
- Tabung
Reaksi
- Pipet
Tetes
- Larutan
AgNO3 0,1 M
- Larutan
BaCl2 0,1 M
- Larutan
Na2SO4 0,1 M
- Larutan
NaCl 0,1 M
- Larutan
K2CrO4 0,1 M
III.
Cara
Kerja
:
Percobaan
A :
1.
Masukkan larutan NaCl 0,1 M ke dalam tabung reaksi
sampai setinggi ± 2 cm dengan menggunakan pipet tetes
2.
Tambahkan 5 tetes larutan AgNO3 0,1 M ke dalam tabung reaksi
yang berisi larutan NaCl. Amati dan catat perubahan yang terjadi
Percobaan
B :
1.
Masukkan larutan Na2SO4 0,1 M ke dalam tabung reaksi sampai
setinggi ± 2 cm dengan menggunakan pipet tetes
2.
Tambahkan 5 tetes larutan K2CrO4 0,1 M ke dalam tabung reaksi
yang berisi larutan Na2SO4. Amati dan catat perubahan yang terjadi
Percobaan
C :
1.
Masukkan larutan AgNO3 0,1 M ke dalam tabung reaksi sampai
setinggi ± 2 cm dengan menggunakan pipet tetes
2.
Tambahkan 5 tetes larutan K2CrO4 0,1 M ke dalam tabung reaksi
yang berisi larutan AgNO3. Amati dan catat perubahan yang terjadi
Percobaan
D :
1.
Masukkan larutan BaCl2 0,1 M ke dalam tabung reaksi setinggi ± 2
cm dengan menggunakan pipet tetes
2.
Tambahkan 5 tetes larutan K2CrO4 0,1 M ke dalam tabung reaksi
yang berisi BaCl2. Amati dan catat perubahan yang terjadi
IV.
Hasil
Pengamatan
:
PERCOBAAN
|
PENCAMPURAN
|
PENGAMATAN
|
HASIL YANG TERJADI
|
SETELAH REAKSI)
|
|||
A
|
AgNO₃ + NaCl
|
Putih Keruh
|
Mengendap
|
B
|
Na₂SO₄ + K₂CrO₄
|
Kuning
|
Terlarut
|
C
|
AgNO₃ + K₂CrO₄
|
Merah Hati
|
Mengendap
|
D
|
BaCl₂ + K₂CrO₄
|
Kuning Keruh
|
Mengendap
|
V.
Pertanyaan :
1. Tuliskan persamaan reaksi ion yang terjadi
pada percobaan A, B, C dan D!
Jawab ;
Percobaan A:
AgNo₃ +
NaCl —> AgCl +
NaNO₃
(Ag⁺ NO₃⁻) (Na⁺ Cl⁻) (Ag⁺ Cl⁻) (Na⁺ NOᵌ⁻)
Percobaan B:
Na₂SO₄ + K₂CrO₄
—> Na₂CrO₄ + K₂SO₄
(2Na⁺ SO₄⁻) (2K⁺CrO₄⁻) (2Na⁺CrO₄²⁺) (2K⁺SO₄²⁻)
Percobaan C:
AgNO₃ + K₂CrO₄ —> Ag₂CrO₄ +
KNO₃
(Ag⁺NO₃⁻) (2K⁺CrO₄⁻) (2Ag⁺CrO₄²⁻) (K⁺NO₃⁻)
Percobaan D:
BaCl₂ + K₂CrO₄ —> BaCrO₄
+ KCl
(Ba²⁺2Cl⁻) (2K⁺CrO₄²⁻) (Ba²⁺CrO₄²⁻) (K⁺Cl⁻)
2. Tuliskan nama dan
rumus kimia keempat elektrolit sukar larut yang terbentuk pada percobaan ini!
Jawab :
AgCl : Perak Klorida
Na₂CrO₄ : Natrium Kromat
Ag₂CrO₄ : Perak Kromat
BaCrO₄ :
Barium Kromat
3. Bagaimana rumus Ksp keempat elektrolit pada
pertanyaan no.1 terhadap:
Jawab:
Konsentrasi dan Kelarutan :
A. Ksp AgCl = [Ag⁺][Cl⁻] = S²
B. Ksp
Na₂CrO₄ = [2Na⁺][CrO₄²⁻] =4Sᵌ
C.
Ksp Ag₂CrO₄ = [2Ag⁺][CrO₄²⁻] = 4Sᵌ
D. Ksp BaCrO₄ = [Ba²⁺][ CrO₄²⁻] = S²
4. Diketahui data Ksp sebagai berikut:
SENYAWA
|
KSP
|
AgCl
|
1,7 x 10⁻¹°
|
Ag₂CrO₄
|
1,9 x 10⁻¹²
|
a. Hitunglah kelarutan AgCl dan Ag2CrO4 dalam
1 liter air murni (dalam g/L air)!
Jawab:
AgCl dalam air:
Ksp
= S²
1,7 x 10⁻¹°=S²
S = √1,7 X 10⁻¹°
= √1,7 X 10⁻⁵
Ag₂CrO₄ dalam air:
Ksp = 4Sᵌ
1,9 X 10⁻¹² = 4Sᵌ
S=ᵌ√1,9 X 10⁻¹² ̸ 4
= 7,8 X 10⁻⁵
b. Hitunglah kelarutan AgCl dalam 1 liter NaCl 0,1 M
(dalam mol/L)!
Jawab:
NaCl = Na⁺ + Cl⁻
= Cl = 0,1 . 1 =0,1
Ksp AgCl —> [Ag⁺][Cl⁻]
1,7 x 10⁻¹° = S . [0,1]
S = 1,7 x 10⁻¹°̸ 1 x 10⁻¹
= 1,7 x 10⁻⁹
c. Hitunglah kelarutan Ag2CrO4 dalam 1 liter
AgNO3 0,1 M (dalam mol/L)
Jawab:
AgNO₃ = Ag⁺ + NO₃⁻
= Ag = 0,1 . 1 =0,1
Ksp Ag₂CrO₄—>[2Ag⁺]² [CrO₄²⁻]
1,9 X 10⁻¹² = [0,1]² . S
S
=
1,9 X 10⁻¹² ̸ 1 x 10⁻²
= 1,9 x 10⁻¹°
VI. Kesimpulan :
Untuk membuat kelarutannya, dihitung dari nilai X + Y nya
.
·
Jika QSP > KSP maka mengendap,
·
QSP < KSP maka terlarut
·
QSP = KSP maka tepat jenuh.
Nama Kelompok :
-
Reysmia
Rizky Febria
-
Salsabilla
Intan Gofika
-
Tiana
Handayani
-
Widya
Naufalinda
Kelas :
XI SCIENCE I
nice post :)
BalasHapus